Membuat Bootable Windows di Flashdisk melalui Mac Os



Dulu, awal-awal punya mac dan jauh sebelum punya macbook. Saya belum tau bahwa kitapun bisa membuat bootable Windows di Flashdisk melalui sistem operasi Mac OS bahkan tidak perlu unduh dan install software tambahan. Cukup menggunakan software yang disediakan oleh Mac OS, software apakah itu? Mari ikuti saya :D

Nama software untuk membuat bootable ini adalah Boot Camp Assistant, seperti yang saya singgung, kamu ngga perlu unduh atau install karena aplikasi ini sudah tersedia didalam sistem Mac OS. Sebelumnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat bootable Windows melalui Mac. Oh ya dalam kasus kali ini, saya akan coba buat bootable Windows 8.

1. Macbook dengan sistem operasi Mac Os
2. Flashdisk Minimal 4 GB
3. File ISO Windows yang akan di install

Jika sudah, langsung saja kita masuk ke langkah pertama. Colok Flashdisk dan buka Boot Camp Assistant, berikut penampakan Flashdisk yang sudah tercolok (ngga penting).



Dan berikut tutorial cara membuka Boot Camp Assistant via Spotlight (ngga penting juga).


Selanjutnya ialah, kamu tekan aja tombol Continue  nya. lalu akan muncul tampilan kayak dibawah ini. Kamu centang satu aja yang saya kasih kotak hijau yak. Penampakannya dibawah ini.


Kenapa yang kita centang yang pertama saja? karena yang lain tidak kita perlukan :D. Kalo udah, lanjut dengan menekan tombol Continue yang ada di pojok kanan bawah. lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Disini teman-teman harus hati-hati karena berhubungan dengan format -mengformat data. 


Keterangan :

1. Adalah bagian untuk memilih file ISO Windows yang akan di install (Kotak Hijau)
2. Adalah Bagian disk yang akan di jadikan bootable, disk yang dipilih akan ada panah berwarna hija seperti gambar diatas. (Kotak Merah)


PASTIKAN TEMAN-TEMAN MEMILIH FLASHDISK YANG AKAN DI GUNAKAN SEBAGAI BOOTABLE.

Setelah memilih file ISO Windows nya dan memilih Disk untuk dijadikan Bootable, teman-teman bisa klik tombol Continue. Akan muncul pop up peringatan yang memberitahukan bahwa disk yang kita pilih akan dihapus terlebih dahulu. Jadi sebaiknya gunakan flashdisk kosong.



Teman-teman bisa tekan Continue untuk melanjutkan. Dan proses formatting hingga copying Windows files akan berlangsung, teman-teman bisa tinggal nonton Anime Tsubasa terbaru sambil menunggu.



Kalau saya sih, saya tinggal sambil nonton Re:Born Movie, John Wick nya Jepang :D (Ngga penting banget infonya)



15 MINUTES LATER . . .


Jika udah selesai, tampilannya akan seperti diatas, dan Flashdisk kamu akan berubah namanya menjadi WININSTALL.


Dan sampe sini, Insya Allah flashdisk kamu udah siap dipake buat Install Windows. Selamat Mencobaaaa.

0 komentar:

Posting Komentar