Menjadi Android Developer, Sulitkah?



Kurang lebih sudah 2 tahun saya menjadi seorang Android Developer, sebelumnya di perkuliahan saya memang mendapatkan Mata Kuliah ini, hanya saja jika boleh jujur saya termasuk golongan mahasiswa yang hmmm bisa dibilang nakal. SUKA TITIP ABSEN.

Well, memang benar, penyesalan memang selalu datang terlambat. Kini saya merasakan betapa menyesalnya ketika masa kuliah dulu tidak menjalankan kewajiban dengan sebenar-benarnya.

Ok, *BTT ya. Ya, saya menjadi Android Developer sejak saya menyandang gelar Sarjana S.Kom. sebelumnya di perkuliahan seperti yang saya singgung sebelumnya, terdapat mata kuliah ini hanya saja ketika saya sudah semester akhir.

Selama kuliah, saya sebenarnya sudah intens dengan pemograman Mobile hanya saja untuk Platform Windows Phone yang mana pada saat itu sedang jaya-jayanya dengan seri Lumia nya. Beberapa kali saya mengikuti lomba aplikasi mobile dan mendapatkan juara, memang paling banter juara 2, tapi ya lumayan lah untuk pengalaman.

Nah, ketika lulus ini sebenarnya pengetahuan saya mengenai Android Development sangatlah minim, saya baru bisa membuat tampilan dan berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Untuk teknologi seperti REST API, Notifikasi dan hal-hal rumit lainnya saya belum mengerti.

Hingga nekatlah saya melamar untuk menjadi Android Developer dan ternyata diterima. Dari saat itu saya belajar banyak mengenai Android Development berdasarkan real case project yang saya tangani. Hingga sekarang saat ini saya masih bertahan menjadi Android Developer.

Lalu kembali ke pertanyaan di judul dari tulisan ini, Menjadi Android Developer, Sulitkah? sebenarnya jawabannya sangatlah relatif, banyak faktor yang mempengaruhi, dari latar belakang pendidikan, kemampuan dan kecepatan dalam belajar hal baru, hingga faktor face :D.

Jika Latar belakang kamu memang sudah dari pendidikan IT, dimana kamu telah belajar minimal mengenai Algoritma pemrograman, saya pikir menjadi Android Developer akan sedikit lebih mudah dibanding yang memang belum mengetahui tentang algoritma.

Namun jangan salah, bagi orang awam yang sebelumnya tidak mengetahui apapun mengenai IT bisa juga lebih cepat dan lebih mudah baginya untuk belajar Android, JIKA dia mempunyai kemampuan pemahaman yang bagus dalam belajar Hal baru, atau mudahnya orang itu pinter, cerdas :D. Soalnya ini kejadian nih, sama diri saya sendiri malahan. Jadi saya SMK jurusan TI, sedangkan teman saya SMK jurusan Perkantoran sebelumnya, namun harus saya akui  kepintarannya jauh diatas dibanding saya, sehingga ketika masa perkuliahan hingga saat ini, dia selalu unggul dalam hal ngoding karena memang pemahamannya dalam hal baru bagus.

Jadi menurut saya sulit atau tidak dalam menjadi Android Developer ialah tergantung niat dan usaha teman-teman dalam mencapai tujuan tersebut. Jika memang teman-teman mempunyai niat yang tinggi dan usaha yang tidak setengah-setengah saya yakin, akan dimudahkan. Karena saya pernah dengar pepatah Niat mengalahkan Bakat. Selain itu, jika teman-teman memutuskan untuk terjun kedalam dunia Programmer, bersiaplah untuk selalu belajar hal baru, karena memang dalam dunia IT, perkembangan teknologi yang digunakan sangatlah cepat.

So, mungkin itu saja tulisan singkat saya kali ini, maaf jika tulisan ini berantakan :D Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar