Ubah RSS XML menjadi JSON Output



Well, hola people, apa kabar? semoga baik saja ya. Ok, kali ini saya akan memberikan sebuah informasi yang mungkin dan semoga saja berguna bagi teman-teman semua. Bagi para developer Mobile Application mungkin sudah sangat familiar ya mengkonsumsi data dalam bentuk JSON, namun apakah teman-teman sudah siap jika diharuskan untuk parsing XML untuk ditampilkan ke dalam aplikasi?

Mungkin jika teman-teman menggunakan Retrofit sebagai HTTP Client dalam mengembangkan aplikasi (Platform Android) bisa menggunakan Simple XML, tapi bagi saya lumayan ribet untuk menggunakan itu karena harus pasang dependency lagi. Jadi akhirnya saya mencari apakah ada cara untuk melakukan konversi dari RSS menjadi JSON output secara online.

Dan akhirnya saya menemukan sebuah website yang tentu saja GRATIS untuk merubah xml menjadi json, lebih tepatnya merubah RSS yang output nya dalam bentuk XML menjadi output Json sih. Dan websitenya adalah https://rss2json.com/. Sebelumnya saya sudah tau website sejenis yang beralamatkan http://fullcontentrss.com/ namun sayangnya, layanan disini berbayar :( sistemnya menggunakan access key, memang disedikan access key yang gratis disini namun dapat berubah sewaktu-waktu sehingga jika access key nya berubah, yang sebelumnya menjadi tidak valid.

Cara menggunakan http://rss2json.com sangatlah mudah, kalian cukup buka websitenya http://rss2json.com. setelah terbuka, maka kalian akan menemukan tampilan yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini.



Diatas ada beberapa bagian yang penting, saya beri tanda dengan kotak yang memiliki warna berbeda-beda.

Kotak Warna Merah adalah isian untuk alamat RSS Feed yang akan kita ubah menjadi JSON. Disana dicontohkan dengan https://techcrunch.com/feed/.

Kotak Warna Hijau adalah alamat baru yang akan menampilkan hasil yang berupa JSON yang dapat kita akses di aplikasi mobile kita nantinya.

Kotak Warna Biru adalah hasil JSON yang akan kita dapatkan dari hasil konversi dari RSS Feed yang kita masukkan di Kotak warna merah sebelumnya.

Selain itu, kita juga dapat menambahkan beberapa parameter yang dapat kita gunakan untuk mengatur hasil yang dikeluarkan, seperti order by, jumlah item yang ditampilkan, dan lainnya. kalian bisa melihatnya di dokumentasinya langsung.

Oke teman-teman, mungkin sampai sini dulu ya, informasi ini saya sampaikan. Jika kurang jelas, teman-teman bisa langsung kunjungi dan explore langsung di website RSS to JSON. Semoga artikel ini membantu ya, see yaa.

0 komentar:

Posting Komentar